Bek Andalan Persija Jakarta Ryuji Utomo Hengkang ke Klub Malaysia

Bek Andalan Persija Jakarta Ryuji Utomo Hengkang ke Klub Malaysia
Ryuji Utomo
Editor : Donald Berita Anda — Selasa, 1 Desember 2020 19:36 WIB
terasjakarta.id


Rumors bahwa beberapa pemain Persija Jakarta diincar klub luar negeri akhirnya menuai kenyataan.

 

Bek andalan klub  kebanggaan warga Ibu Kota, Ryuji Utomo, akhirnya hengkang ke klub negara tetangga, Malaysia.

 

Namun kepergian pemain yang biasa beroperasi sebagai bek tengah itu hanya berstatus pemain pinjaman ke tim juara Liga Premier Malaysia 2020 Penang FC atay yang  juga dikenal sebagai Penang FA.

Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Selasa, Ryuji akan berada di Penang FC selama satu musim yaitu sampai Desember 2021.

"Proses kepindahan Ryuji ke Penang FC sudah rampung. Penang tertarik merekrut Ryuji karena dia memiliki kualitas dan kepribadian yang baik," ujar Presiden Persija Jakarta Mohamad Prapanca.

Ia mengatakan,  hijrahnya Ryuji ke Penang FC akan berdampak positif bagi karier sang pemain dan tim nasional Indonesia.

 

Ryuji, kata Prapanca, diharapkan  dapat meningkatkan kemampuan saat berkompetisi di Negeri Jiranitu  sehingga mampu menunjukkan performa terbaik saat kembali ke Persija.

"Kami yakin sepulangnya dari Penang, Ryuji semakin matang dan menjadi tembok kokoh bagi lini belakang Persija," tutur Prapanca.


Seperti disebutkan sebelumnya, Penang FC merupakan juara liga kasta kedua Malaysia yakni Liga Premier musim 2020. Hal itu membuat Penang FA berhak promosi ke Liga Super Malaysia.

Penang FA tercatat sebagai klub yang cukup berprestasi di Malaysia dengan koleksi empat trofi juara Piala Malaysia dan satu Piala FA Malaysia.

Ryuji Utomo sendiri tidak asing berkompetisi di luar Indonesia.

Pesepak bola berusia 25 tahun itu sempat merumput di Bahrain untuk klub Al Najma dan PTT Rayong di Thailand.


Sebelumnya memang beredar kabar kalua sejumlah pemain Persija Jakarta mendapat tawaran dari klub luar negeri. Ini sebagai dampak dari belum berjalannya kompetisi Liga 1 di Indonesia  sebagai dampak Pandemi Covid-19.

 

Beberapa pemain Persija Jakarta yang disebut-sebut tengah digoda klub luar negeri adalah Evan DimasRezaldi HehanusaRyuji UtomoRiko Simanjuntak, Osvaldo Haay, dan Marc Klok.

Winger Riko Simanjuntak bahkan secara terus terang mengakui kalua dia sudah mendapat tawaran dari klub luar negeri.

Tak tanggung-tanggung klub dari tiga negara berbeda, yakmni Korea Selatan, Thailand, dan Jepang, konon menggoda penyerang sayap lincah asal Medan Sumatera Utara ini.

Menaggapi rumors yang beredar ini, Direktur Persija Jakarta  Ferry Paulus mengakui kalua dia saudah mendapat kabar itu.

Namun ia mengajukan syarat jika memang para pemainnya ingin hengkang dari Macan Kemayoran.

Pria asal Manado, Sulawesi Utara ini mencoba relistis dengan penyelengaraan kompetisi sepak bola di Indonesia yang masih kurang jelas kapan akan bergulir lagi.

Sementara  pemain membutuhkan kompetisi agar tetap bisa menghidupi keluarganya. Maklum, saat ini klub berjuluk Macan Kemayoran hanya bisa memberi gaji  25 persen dari nilai kontrak tertera.

Ferry memberikan dua opsi kepada pemain yang ingin berkiprah di luar negeri. Pertama, dipinjamkan atau  melepasnya secara permanen.

Meski demikian, Ferry ingin nantinya bila situasi kembali membaik dan kompetisi di Indonesia sudah bisa berjalan seperti sedia kala, maka pemain yang merantau ke luar negeri akan dibawa pulang kembali.

"Sudah ada komunikasi juga dengan pemain, bila Persija kembali memanggil, maka mereka akan kembali ke Jakarta," kata Ferry Paulus di laman klub.

Sekadar diketahui, Liga 1 Indonesia rencananya  baru akan bergulir pada  Februari 2021. Namun, itu tak pasti karena Polri belum ada tanda-tanda mengeluarkan izin keramaian. (Donald)

 

 

Pemain Persija Jakarta Ryuji Utomo resmi hengkang ke klub peserta Liga Primer Malaysia Penang FA.

Loading...

Related Post