Calon Pengantin di Kabupaten Bekasi Diusulkan Jalani Tes HIV/Aids Sebelum Menikah

Calon Pengantin di Kabupaten Bekasi Diusulkan Jalani Tes HIV/Aids Sebelum Menikah
ilustrasi (matalensa.com)
Editor : Donald Berita Anda — Selasa, 1 Desember 2020 17:21 WIB
terasjakarta.id


Setiap pasangan yang akan menikah di Kabupaten  Bekasi diusulkan untuk terlebh dahulu menjalani tes  HIV/AIDS.

Usulan ini disampaikan Pemerintah Kabupaten Bekasi menyusul banyaknya pria yang berhubungan tidak sehat sebelum menikah.

Adalah Kepala Bagian Kesejahteraan Raykat (Kesra) yang juga Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar yang melontarkan wacana ini.

Ia mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan guna mencegah penyebaran HIV/AIDS terhadap pasangan suami istri di wilayah itu yang cenderung meningkat.

Belajar dari kasus yang terjadi, penularan terjadi terhadap kalangan pasangan baru yang tertular HIV/AIDS. Baik itu dari suami maupun istrinya.

"Saat ini kasus yang masih marak terjadi di kalangan pasangan baru yang tertular baik itu dari suami ataupun istrinya," kata Beni, pada peringatan Hari AIDS Sedunia di Halaman Kantor KPA, Jalan Gatot Soebroto, Cikarang Utara, pada Selasa (1/12).

Maka itu, pihaknya berencana ke depan akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama dimana pasangan yang akan melakukan pernikahan harus dites dulu untuk mencegah penularan HIV-AIDS di Kabupaten Bekasi.

"Ini kan banyak ya laki-laki yang berhubungan tidak sehat terus tertular HIV/AIDS lalu menikah dan menulari ke istrinya itu. Maka itu perlu dites sebelum menikah," ungkapnya.

Ia menambahkan jumlah kasus HIV di Kabupaten Bekasi sampai Mei 2020 tercatat sebanyak 1.842 kasus, sedangkan kasus AIDS sebanyak 157 kasus.

Sejauh ini kasus-kasus tersebut sudah tertangani dengan baik karena sudah banyak Puskesmas di Kabupaten Bekasi yang melayani test HIV dan layanan yang disiapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

"Upaya-upaya itu harus benar-benar dilakukan, pendeteksian dini itu sangat penting," paparnya. (donald)

Pemkab Bekasi berencana akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama dimana pasangan yang akan melakukan pernikahan harus dites HIV-AIDS terlebih dahulu.

Loading...

Related Post