Riko Simanjuntak: Persija Jakarta Harus Tetap Membara, Jangan Melempem di Masa Pandemi

Riko Simanjuntak: Persija Jakarta Harus Tetap Membara, Jangan Melempem di Masa Pandemi
Riko Simanjuntak
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 30 November 2020 14:36 WIB
terasjakarta.id


Penyerang Persija Jakarta Riko Simanjuntak berharap situasi pandemic Covid-19 yang menghentikan semua aktivitas di Liga Sepak Bola Indonesia tak sampai membuat  semua jajaran di klub berjuluk Macan Kemayoran itu melempem.

Penyerang berpostut mungil asa Medan, Sumatera Utara ini meminta pemain, manajemen Persija, termasuk suporter setianya, Jakmania, harus tetap membara.

“’Dalam masa pandemi ini, i kita harus tetap semangat dan dukungan kita harus tetap membara jangan pernah pudar,” ujar Riko di laman klub

Ia berharap, semua jajaran di klub  kebanggaan warga Ibukota itu justru semakin kompak dan solid karena ke depan tantangan  akan  lebih berat lagi.  Pasalnya, semua klub di Indonesia pasti melakukan berbagai persiapan dan perubahan di saat pandemi ini.

Harapan Riko ini berkaitan dengan Persija yang baru saja merayakan ulang tahun ke-2 pada Sabtu (28/11) lalu.

Perayaan ulang tahun Macan Kemayoran kali ini berbeda dibanding sebelum-sebelumnya karena di tengah pandemi Covid-19.

Acara yang digelar di Nirwana Park Sawangan, Depok ini berlangsung penuh kehangatan. Jajaran direksi dan manajemen Persija hadir bersama sejumlah pemain dan ofisial, klub internal dan pengurus pusat Jakmania. Legenda Macan Kemayoran seperti Patar Tambunan juga turut diundang dalam acara ini.

Selain itu, Persija tidak lupa membagi kebahagiaan dengan sejumlah anak yatim piatu. Terakhir ditutup peresmian kantor Persija Development Center yang juga terletak di Nirwana Park Sawangan, Depok.

Meski dilakukan secara sederhana, Riko  mengapungkan harapan besar di usia Persija yang ke-92. Ia berharap di usia ke-92, Persija bisa menjadi tim yang lebih besar lagi.

“Saya pribadi mengucapakan selamat ulang tahun buat Persija Jakarta. Semoga di usia yang ke-92 tahun ini semakin dewasa, semakin kompak dan solid karena ke depan tantangan kita lebih berat lagi,”pungkasnya.

Sementara itu, meski ulang tahun kali tak bisa dirayakan scara  besar-besaran terkait adanya wabah pandemi Covid-19, namun ada sesuatu yang istimewa dan menjadi kado indah bagi klub berjuluk Macan Kemayoran itu, tepat di hari ulang tahunnya.

Kado tersebut adalah mendapatkan lisensi klub profesional AFC setelah permohonan banding diterima oleh Komite Banding Club Licensing.

Sebelumnya, Persija tidak mendapatkan lisensi klub profesional atau not granted . Persija secara resmi melakukan pengajuan banding disertai dengan nota permohonan banding yang disampaikan pada Kamis  (26/11).

Direktur Persija Jakarta Ferry Paulus dalam bandingnya menyatakan, manajemen Persija mampu melengkapi sekaligus memperbaiki kekurangan. Alhasil permohonan banding diterima. Dengan demikian, Persija Jakarta dinyatakan mendapatkan lisensi AFC atau Granted.

“Bisa dibilang kegagalan kita di periode pertama lisensi AFC itu merupakan petaka besar. Tetapi itu kami terus mengejar kekurangan kita dengan melengkapinya. Salah satu yang belum lengkap yaitu Recognition Current Competency (RCC) dari pelatih asing, di mana pelatih Sergio dan asistennya itu memiliki lisensi CBF pro yang belum bisa diakui oleh AFC,” ujar Ferry.

“Sehingga harus kita ambil dan sudah dilakukan. Kini semua sudah lengkap dan semua sudah disetujui kemarin. Dan kita merupakan klub yang ke tujuh lolos dari lisensi AFC,” ujarnya dikutip di laman klub.

Dengan demikian,  Persija kini bergabung dengan enam klub yang lebih dulu mendapatkan lisensi klub AFC yaitu Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung dan Arema FC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC, seperti AFC Champions League dan AFC Cup.  (Donald)

Penyerang Persija Jakarta Riko Simanjuntak berharap klub kebangaan warga Ibukota Jakarta itu tetap semangat dan mempersiapkan diri lebih baik lagi

Loading...

Related Post