Diperiksa Selasa Besok, Apakah Akan Hadir? Begini Kondisi Terakhir Habib Rizieq

Diperiksa Selasa Besok, Apakah Akan Hadir? Begini Kondisi Terakhir Habib Rizieq
Habib Rizieq Shihab
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 30 November 2020 10:40 WIB
terasjakarta.id


Polda Metro Jaya sudah melakukan pemanggilan dan menjadwalkan pemeriksaan terhadap imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pada Selasa (1/12).

Pemeriksaan terhadap Rizieq terkait pelanggaran protokol kesehatan di pernikahan putrinya beberapa waktu lalu.

Surat pemanggilan sudah dilayangkan Penyidik Polda Metro Jaya, Minggu (29/11).

Apakah Habib Rizieq akan datang memenuhi panggilan polisi itu? Hingga kini belum ada tanggapan dari FPI terkait surat pemanggilan itu.

Habib Rizieq sendiri dikabarkan masih sakit dan sempat dirawat di RS Ummi Kota Bogor.

Kondisi kesehatan Rizieq sempat menjadi polemik dan menimbulkan kontroversi, karena santer diberitakan terkena Covid-19.

Namun, pihak RS Ummi dan FPI menolak menjelaskan hasil pemeriksaan tes swab terhadap Rizieq kepada publik.

Situasi ini sempat memanas karena Satgas Covid-19 Kota Bogor sempat melaporkan RS Ummi ke kepolisian dan berniat melakukan pemeriksaan ulang terhadap Rizieq.

Namun, sebelum petugas Satgas Covid-19 datang, Rizieg meninggalkan RS Ummi pada, Sabtu 28/11) malam.

Makanya, kehadiran Rizieq dalam memenuhi panggilan kepolisian masih diragukan untuk hadir terkait kondisi kesehatannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (30./11) mengatakan, polisi mengagendakan pemeriksaan terhadap Rizieq pada Selasa.

“Penyidik mengantar surat pemanggilan RS (Rizieq Shihab) untuk hadir ke pemeriksaan Selasa,” kata Yusri.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menegaskan penyidik menemukan unsur tindak pidana dalam kasus kerumunan massa pada akad nikah putri Rizieq.

Status kasus kerumunan massa tersebut pun naik dari penyelidikan ke penyidikan."Penyidik yang menangani akad nikah di Petamburan berdasarkan hasil penyelidikan sudah ditemukan adanya perbuatan pidana. Sehingga hari ini naik sidik (penyidikan)," ujar Fadil..

Kerumunan massa Petamburan dinilai melanggar UU No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam kasus kerumunan massa di Petamburan tersebut, kepolisian memanggil tiga elemen.

Mereka adalah pemerintah daerah, panitia penyelenggara, an juga elemen saksi tamu yang hadir pada acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab dengan Irfan Alaydrus.

Seperti diketahui, kerumunan massa itu terjadi pada saat akad nikah putri keempat Rizieq dengan Irfan Alaydrus yang dibarengi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kemudian kerumunan massa tersebut diduga melanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kerumunan massa di Petamburan telah berbuntut pemanggilan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Selain itu, penyidik juga memanggil rukun tetangga dan rukun warga (RT/RW), satpam atau linmas, lurah dan camat setempat serta wali kota Jakarta Pusat. (Donald)

Polda Metro Jaya sudah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada imam besar Front Pembela Islam FPI) Habib Rizieq Shihab Selasa (1/12).

Loading...

Related Post