Polisi Ungkap Pernyataan Ketua RT Penarik Pungli Bansos dari Kementerian

Polisi Ungkap Pernyataan Ketua RT Penarik Pungli Bansos dari Kementerian
ilustrasi (ist)
Editor : Potan News — Kamis, 26 November 2020 19:55 WIB
terasjakarta.id

Kepolisian Polres Pelabuhan, Tanjung Priok, Jakarta Utara mengamankan Ketua RT 002, Muara Angke, Pluit, Andi Aris atas dugaan melakukan pungutan liar (pungli) penerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial dan Pemprov DKI.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku pemberian uang itu diberikan warga dengan sukarela. Demikian ditegaskan Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, AKP David Kanitero.

"Kalau kemarin hasil pemeriksaan kami awal itu memang ada pemberian sejumlah uang, tapi itu secara ikhlas diberikan," kata David.

David melanjutkan, pihaknya akan bertindak tegas apabila menemukan pungutan liar saat pembagian bansos kepada masyarakat. Saat ini, kata dia, Andi Aris, telah membuat surat pernyataan.

"Untuk sementara, terakhir kemarin dari ketua RT sudah membuat pernyataan dan itu disampaikan yang intinya bahwa bantuan sosial terkait Covid-19 itu tidak ada pungutan biaya sama sekali," kata David, Kamis (26/11/2020).

Diketahui, Andi Aris diperiksa polisi terkait dugaan penyimpangan penyaluran bansos. Andi disebut telah memungut biaya kepada warga yang hendak mengambil bansos Covid-19.

Bansos itu berasal dari Kementerian Sosial yang disalurkan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain Andi, polisi juga memeriksa sejumlah warga untuk dimintai keterangan.

Petugas gabungan yang terdiri dari polisi, Satpol PP, hingga petugas Kelurahan Pluit kemudian turun tangan membagikan langsung bansos untuk memastikan tidak ada pungli dalam penyaluran bantuan tersebut.(adt) 

Polisi Pernyataan Ketua RT Pungli Bansos Kementerian

Loading...

Related Post