Ikut Diamankan KPK Terkait Kasus Korupsi Ekspor Benih Lobster, Ini Sosok Istri Menteri KKP

Ikut Diamankan KPK Terkait Kasus Korupsi Ekspor Benih Lobster, Ini Sosok Istri Menteri KKP
Iis Rosita Dewi (ist)
Editor : Potan News — Rabu, 25 November 2020 15:51 WIB
terasjakarta.id

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dilaporkan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy diduga karena korupsi ekspor benih lobster.

Menurut sumber, Edhy Prabowo ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta sepulangnya dari lawatan ke Amerika Serikat (AS). Bersama Edhy, KPK juga mengamankan istri Edhy, yaitu Iis Rosita Dewi.

Iis Rosita Dewi merupakan anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, dapil Jawa Barat II. Dia duduk di Komisi V yang menangani Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan Pencarian dan Pertolongan.

Iis yang kelahiran 17 Mei 1979 tersebut menyandang gelar Sarjana Humaniora dari STBA LIA Jakarta jurusan Sastra Inggris belum puas atas pendidikannya. Lalu, ia kembali berkuliah untuk mengambil gelar Magister Manajemen di Universitas Trilogi dengan jurusan Manajemen SDM.

Ibu yang memiliki tiga orang anak ini lebih tertarik berkarier di organisasi perempuan. Terbukti sejak tahun 2009 – 2017 ia sudah terlibat sebagai anggota Perempuan Indonesia Raya (PIRA).

Kariernya terus melonjak mengikuti jejak suami. Sejak 2019 ia mulai terjun ke dunia politik untuk bermitra dengan Edhy Prabowo.

Iis masuk ke fraksi yang sama dengan sang suami di fraksi Gerindra. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019 – 2024. Menjabatnya Iis di bangku DPR disebutkan sebagai perwakilan politisi muda dari partainya.

Saat diambil sumpah dan janjinya sebagai anggota DPR, wanita ini berharap keterwakilannya menjadi anggota legislatif bisa jadi pemicu bagi kemunculan politisi-politisi perempuan terutama dari partai yang dinaunginya (Gerindra).

"Jika selama ini saya mendukung peran suami saya (Edhi Prabowo) yang sudah jauh lebih dahulu menjadi anggota legislatif dari belakang, mulai hari ini, sejak dilantik menjadi anggota DPR RI, kami akan bermitra dan berjalan berdampingan untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat luas, khususnya yang berada di dapil kami masing-masing," kata Iis usai pengucapan sumpah dan janji Anggota DPR RI Periode 2019-2024 di Senayan Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Dijelaskan Iis, keinginannya berada di lembaga legislatif ini selain ingin menyuarakan hak-hak perempuan, Ia ingin mencontohkan kepada kaum perempuan agar tidak ragu untuk terjun ke dunia politik.

Politik menurut Iis Rosita Dewi adalah cara dan seni yang identik dengan keindahan, oleh karenanya butuh juga sentuhan wanita. Tidak bisa dipungkiri, keterwakilan perempuan dalam sebuah partai politik saat ini masih sangat rendah, terutama yang ada di Fraksi Partai Gerindra.

Bersama Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi dikaruniai tiga orang anak laki-laki bernama Satrio Budi Wiroreno, Raja Dimas, dan Satrio Adityo Suryotomo. Meskipun seorang wanita dan memiliki tiga orang anak, ia sangat mementingkan pendidikan dan juga kariernya.(adt) 

Diamankan KPK Kasus Korupsi Ekspor Benih Lobster Istri Menteri KKP

Loading...

Related Post