Menikmati Kelapa Bakar Obat Mujarab di Maros Sulawesi Selatan

Menikmati Kelapa Bakar Obat Mujarab di Maros Sulawesi Selatan
ist
Editor : Potan Traveling — Kamis, 19 November 2020 15:38 WIB
terasjakarta.id

Berwisata keberbagai daerah di Indonesia tidak sah rasanya apabila kita tidak mencicipi makanan maupun hidangan khas daerah tersebut. 

Berbagai keunikan makanan maupun minuman disetiap wilayah memiliki cita rasa dan kekhasan masing-masing. Seperti di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Di Maros, ada sebuah warung yang menjual kelapa bakar. Disebutkan kelapa bakar memiliki cita rasa rempah yang diyakini dapat dijadikan obat mujarab berbagai macam penyakit.

Muh. Arya Bayu Saputra, seorang penjual kelapa bakar di Kabupaten Maros setiap hari melayani pembeli kelapa bakar. Apalagi saat memasuki musim hujan seperti ini warung kelapa bakarnya ramai banyak dikunjungi pembeli untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Arya sapaan Bayu Saputra mengatakan, kebanyakan pengunjung yang datang memesan kelapa bakar untuk menjaga daya tahan tubuh dengan lebih baik, apalagi aktivitas di luar ruangan membuat tubuh rentan terkena hujan dan angin yang bisa menimbulkan penyakit.

"Kelapa bakar ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan untuk meningkatkan imun. Tidak perlu selalu menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia bisa juga dengan makanan misalnya kelapa bakar berbahan rempah," kata Arya dikutip Okezone.com.

Berbagai rempah jenis tananaman obat herbal yang diracik dengan kelapa bakar lalu di jual dipinggir jalan di jalan Andi Pangerang Pettarani, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros yang diyakini ampuh menjadi obat mujarab untuk menangkal berbagai penyakit.

Namun bukan sembarang kelapa bakar, melainkan kelapa bakar yang dicampur dengan berbagai macam rempah dari tumbuhan herbal.

Sajian kuliner ini tentunya agak berbeda dengan kelapa muda biasa, kelapa bakar memiliki tampilan yang agak gosong karena diolah dengan cara dibakar di atas bara api.

"Jadi rempah-rempah yang dicampurkan dalam kelapa bakar yaitu jahe merah, serai, daun salam gula aren, kayu manis, kapulaga dan cengkeh selain itu juga diberi madu manis untuk menambah cita rasa kelapa bakar," sebut Arya.

Campuran kelapa bakar dan rempah-rempah diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat, kolesterol, darah tinggi, kencing batu, batu ginjal, diabetes, hingga dapat menyembuhkan penyakit kanker.

Kelapa bakar yang dicampur dengan rempah-rempah ini harganya Rp15 Ribu sampai Rp20 Ribu per biji.

"Harganya 20 ribu per kelapa. Kebanyakan yang beli dari Makassar dan daerah lain di luar maros," ungkap Arya.

Selain nikmat untuk dikonsumsi juga memiliki khasiat penyembuhan berbagai macam penyakit kata Arya. Manfaat lain dari mengkomsusi kelapa bakar ini baik untuk meningkatkan stamina pria dewasa.

"Musim seperti ini juga mengatasi masuk angin dan mempercepat kehamilan bagi mereka yang telah menikah dengan menggunakan rempah-rempah tradisional," pungkas Arya.



Kelapa Bakar Obat Mujarab Maros Sulawesi Selatan

Loading...

Related Post