Dewan Sebut Dinas SDA dan Dinas LH 'Omdo' Soal Pembersihan Kali

Dewan Sebut Dinas SDA dan Dinas LH 'Omdo' Soal Pembersihan Kali
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI, Rasyidi
Editor : Potan Rumah Rakyat — Jumat, 13 November 2020 12:40 WIB
terasjakarta.id

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Rasyidi menilai Dinas Sumber Daya Air (SDA) hanya bicara alias omdo dalam rencana melakukan pengerukan di Kali Cipinang. 

Menurutnya Sudin SDA Jakarta Timur berjanji akan melakukan pengerukan kali dan menempatkan alat berat untuk pengerjaan pengerukan kali. 

"Kita sekarang bingung, SDA menggembor-gemborkan akan melakukan pengerukan ternyata apa, nihil semua. Bisa saya bilang cuma omdo doang," kata Rasyidi di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2020).

Untuk diketahui sebelumnya, Kasudin SDA Santo mengaku akan melakukan pengerukan sekaligus perbaikan sisi tanggul Kali Cipinang yang jebol akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Rasyidi juga mengungkapkan, tidak hanya soal banjir, warga di beberapa RT dan RW di Kelurahan Ciracas saat ini sudah tidak nyaman dengan bau limbah pabrik yang dibuang ke dalam kali. 

Untuk itu Rasyidi berharap Dinas Lingkungan Hidup (LH) segara melakukan edukasi kepada pemilik pabrik agar tidak membuang sisa limbahnya ke kali

"Selain pendangkalan yang berakibat banjir, warga juga mengeluhkan bau busuk yang keluar dari dalam kali. Saat ini sudah ada istilah dari warga yang menyebut kali itu sebagai 'kali wangi'. Saya rasa itu sangat memalukan pihak dinas LH," ujar Rasyidi. 

"Seharusnya Dinas LH lakukan edukasi kepada pihak pabrik maupun pengusaha UMKM yang ada disekitaran kali untuk tidak membuang semacam ampas tahu dan tempe. Tidak sedap bau yang ditimbulkan oleh ampas limbah itu," tambahnya. 

Secara umum anggota Komisi C itu menganggap, saat ini warga yang tingga di seputaran Kali Cipinang sangat mengeluh akibat banjir maupun bau busuk yang keluar dari dalam kali. 

Lebih lanjut, Rasyidi mengaitkan dengan apa yang disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati soal Jakarta amburadul apabila dilihat dari segi kebersihan dan kesehatan masyarakat, ucapan tersebut tidak ada salahnya. 

"Nah, terkait dengan apa yang dikatakan ibu Mega soal Jakarta amburadul, saya rasa memang ada benarnya. Warga belum sepenuhnya dapat menikmati keindahan dan kebahagiaan tinggal di Jakarta. Masih banyak kali yang bau, banjir terus terjadi apabila hujan turun," pungkasnya. 


Dewan Dinas SDA Dinas LH Pembersihan Kali

Loading...

Related Post