Kura-kura Langka Kuning Ditemukan di India

Kura-kura Langka Kuning Ditemukan di India
ist
Editor : Potan Traveling — Rabu, 11 November 2020 10:58 WIB
terasjakarta.id

Kura-kura berwarna kuning langka ditemukan di West Bengal, India, pada Selasa 3 November. Ini merupakan penemuan kedua setelah pada Juli lalu juga ditemukan spesies sama di Distrik Balasore Odisha. Hewan langka tersebut kemudian diamankan untuk selanjutnya diserahkan ke departemen kehutanan setempat.

Dikutip dari Sicence Times, Rabu (11/11/2020), petugas Indian Forest Service bernama Debashish Sharma membagikan foto melalui akun Twitter-nya tentang penemuan kura-kura dengan cangkang berwarna kuning cerah tersebut. Sejak itu, keberadaan hewan langka yang unik tersebut menjadi viral dan beredar luas di internet.

Beberapa orang akan mengatakan warnanya terlihat seperti sepotong keju atau sepotong mentega atau kuning telur. Kura-kura flapshell emas ini memiliki warna kuning cerah pada cangkang, kepala, dan tubuhnya.

Kura-kura flapshell India (Lissemys Punctata) biasanya berwarna coklat dengan bintik kuning dan bagian bawah berwarna putih. Varian kuning spesies ini telah sering ditemukan beberapa kali selama bertahun-tahun di berbagai bagian Asia Selatan di mana ia umumnya hidup.

Kelainan warna jarang dialami hewan, tetapi biasanya terlihat mencolok saat terjadi. Misalnya, ada penyu yang ditemukan di Gujarat di pantai barat India pada 1997 yang memiliki tubuh kuning dan mata merah muda. Ada juga penyu lain dengan karakteristik yang sama ditemukan di Myanmar dan Bangladesh, meskipun tidak ada data resmi yang dipublikasikan.

Juli lalu, kura-kura flapshell emas diselamatkan di Odisha dan diserahkan ke departemen kehutanan. Namun tiga bulan kemudian, penyu baru ditemukan, kali ini berada di Bengal Barat, India.

Ahli biologi satwa liar Sneha Dharwadkar mengatakan bahwa kura-kura flapshell kuning yang langka pasti disebabkan kurangnya pigmen yang disebut tirosin yang terdapat pada reptil. Dia menambahkan bahwa mutasi genetik mungkin bertanggung jawab atas kurangnya tirosin.

Kura-kura Langka Kuning India

Loading...

Related Post