Pertunjukan Teatrikal Bawah Air di Sea World

Pertunjukan Teatrikal Bawah Air di Sea World
ist
Editor : Potan Traveling — Selasa, 10 November 2020 19:52 WIB
terasjakarta.id

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Sea World Ancol menggelar pertunjukan teatrikal bawah air. 

Pertunjukan teatrikal yang dilakukan bertemakan semangat perjuangan ini, menceritakan perjuangan Bung Tomo merebut kemerdekaan dari penjajah yang ditampilkan para penyelam profesional di Akuarium Utama Sea World Ancol.

Pertunjukan dibuka dengan tiga orang penyelam yang mengenakan baju tentara kolonial turun ke dasar akuarium.

Dengan mengenakan peralatan selam lengkap serta properti pertunjukan seperti seragam perang dan senapan, para penyelam ini mulai beratraksi.

Berenang bersama ikan di Akuarium Utama Sea World Ancol, para penyelam ini menampilkan cerita bagaimana awalnya tentara Britania Raya menginvasi Surabaya pada tahun 1945.

Kemudian, seorang penyelam lainnya yang mengenakan pakaian putih khas tentara Indonesia itu, turun ke dasar akuarium dan memerankan seorang pemuda yang hendak menurunkan bendera Britania Raya.

Digambarkan dalam aksi teatrikal ini bahwa si pemuda tersebut akhirnya ditembak mati oleh tentara asing.

Setelahnya, seorang penyelam lain yang mengenakan baju hijau gelap turun ke dasar laut untuk memerankan pahlawan nasional, Bung Tomo.

Pertunjukan ini lantas berlanjut ke inti cerita, di mana pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar-besaran di kota Surabaya antara penduduk lokal melawan tentara asing.

Bung Tomo kemudian disusul pemuda-pemuda lainnya yang akhirnya bertempur melawan penjajah hingga akhirnya berhasil merebut kembali Tanah Air.

Vice President Sea World Ancol & Ocean Dream Samudra Rika Sudranto mengatakan, pertunjukan teatrikal Semangat Perjuangan dihadirkan selama dua hari, 9 sampai 10 November 2020.

Pertunjukan ini, lanjutnya, masih akan dilakukan oleh sejumlah penyelam profesional yang akan memakai kostum pahlawan dan membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di dalam Akuarium Utama Sea World Ancol.

"Pertunjukan ini berlatar belakang pada sejarah di mana Pemuda Indonesia bersatu mempertahankan kemerdekaannya dengan melawan Pasukan Sekutu mendarat pada akhir Oktober 1945 di Kota Surabaya," kata Rika, Selasa (10/11/2020).

Rika menambahkan, untuk menyaksikan pertunjukan seru ini, pengunjung diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Yakni dengan selalu menerapkan 3M selama melakukan kunjungan di Ancol, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar Sehat, Senang, Bareng-Bareng di Taman Impian Jaya Ancol," tambahnya.

Pertunjukan Teatrikal Bawah Air Sea World

Loading...

Related Post