Ini Hasil Sementara Penelitian Roy Suryo Soal Video Syur Gisel

Ini Hasil Sementara Penelitian Roy Suryo Soal Video Syur Gisel
ist
Editor : Potan Wow — Senin, 9 November 2020 09:48 WIB
terasjakarta.id

Pakar multimedia dan juga telematika Roy Suryo belum menemukan hasil mutlak bahwa video atur yang beredar benar-benar artis Gisella Anastasia.

Video syur 19 detik tersebut, penelitian sementara Roy masih banyak pertanyaan bagaimana cara menguji keaslian terhadap sosok wanita yang ada dalam video beredar dengan artis Gisel yang disebut-sebut "mirip" dalam video tersebut.

"Dalam penelitian itu, pertama sampel wajah dari video tersebut diperbandingkan dengan materi yang sudah bisa dipastikan keasliannya sebagai pembanding dari artis yang  disebut-sebut 'mirip' tersebut," kata Roy, Senin (9/11/2020).

Kemudian, lanjut Roy, dibuat matriks meliputi perbandingan di antaranya bentuk wajah, mata, hidung dan bibir dengan jarak masing-masing.

"Jadi apabila kemarin saya menyatakan bahwa video 19 detik yang disebut-sebut mirip artis GA tersebut masih harus diteliti lebih intensif lagi, karena memang secara ilmiah dan scientific tingkat kemiripannya masih di bawah 75%, tepatnya adalah antara 72% sd 74% dengan Software "Face Comparator (Recognizer)," terang Roy.

Roy Suryo juga melampirkan hasil penelitiannya. "Uniknya ketika hari ini (Senin) saya gunakan Software 'Face Matcher (Combiner)' untuk wajah wanita dalam video 19 detik dan sample wajah artis GA yang diambil dari berbagai SocMednya, maka hasil yang didapat diketemukan wajah seperti yang terlampir," terang Roy.

Mantan Menpora ini juga menjelaskan saat ini dirinya harus menyampaikan hipotesis, bahwa video 19 detik tersebut sudah siap untuk dilakukan uji lanjut oleh pihak terkait, dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri), agar mendapatkan kejelasan faktual dan kepastian Hukumnya.

"Hal ini penting saya sampaikan agar kasus video ini segera mendapatkan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia," terang Roy.

Apalagi, menurut dia, dengan sudah adanya berbagai pihak melaporkannya kepada pihak berwajib. "Saya siap membantu dengan memberikan bukti-bukti ilmiah analisis di atas," imbuhnya.

Roy pun mengaitkan dengan pernyataan dia sebelumnya yaitu, hormati azas praduga tidak bersalah. "Karena berdasar hasil di atas, sehingga perlu uji ilmiah lebih lanjut sebelum siap digunakan sebagai materi yang layak dalam sebuah kasus hukum," tuntasnya. 

Penelitian Roy Suryo Video Syur Gisel

Loading...

Related Post