Biden Ungguli Trump, Begini Tanggapan Barack Obama

Biden Ungguli Trump, Begini Tanggapan Barack Obama
ist
Editor : Potan News — Minggu, 8 November 2020 09:42 WIB
terasjakarta.id

Joe Biden dan Kamala Harris berhasil unggul dalam perolehan suara dalam pemilu presiden Amerika. Kekalahan presiden petahana Donald Trump disambut baik Barack Obama.

Dalam cuitannya, mantan presiden Amerika itu mengucapkan selamat kepada Joe Biden. 

“Saya sangat bangga mengucapkan selamat kepada Presiden kita berikutnya, Joe Biden, dan Ibu Negara kita berikutnya, Jill Biden,” tulis Obama.

Obama mengungkap AS sangat beruntung memiliki Biden sebagai presiden terpilih. Pasalnya, menurut Obama, ketika Biden masuk Gedung Putih Januari nanti, dia memiliki banyak tantangan.

Congratulations to my friends, @JoeBidenand @KamalaHarris — our next President and Vice President of the United States. pic.twitter.com/febgqxUi1y

— Barack Obama (@BarackObama) November 7, 2020

“Dia akan menghadapi serangkaian tantangan luar biasa yang tidak pernah dimiliki oleh presiden lain, pandemi yang menggila, sistem ekonomi dan peradilan yang tidak setara, demokrasi yang berisiko, dan iklim yang terancam,” tulis Obama.

Obama pun menyinggung jumlah pemilih dalam Pilpres 2020 kali ini melebih pilpres sebelumnya.

“Dan setelah setiap suara dihitung, Presiden Terpilih Biden dan Wakil Presiden Terpilih Harris akan memenangkan kemenangan bersejarah dan menentukan,” ujarnya.

Obama yakin Biden bisa melakukan pekerjaan sebagai presiden dengan baik bagi setiap warga AS.

“Jadi saya mendorong setiap orang Amerika untuk memberinya kesempatan dan memberinya dukungan Anda. Hasil pemilu di setiap tingkatan menunjukkan bahwa negara ini tetap terpecah belah,” tegas Obama.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Haris dinyatakan sebagai pemenang dalam pilpres AS 2020 yang digelar Rabu (3/11/2020) waktu setempat.

Biden dan Harris berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J. Trump dan Mike Pence di Pennslyvania.

Berdasarkan hasil CNN Projection, Joe Biden akan menjadi presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 213 suara.

Biden Trump Barack Obama

Loading...

Related Post