Dewan Dukung Langkah Pemprov DKI Lakukan Sertifikasi Lahan Monas

Dewan Dukung Langkah Pemprov DKI Lakukan Sertifikasi Lahan Monas
Rasyidi
Editor : Potan News — Jumat, 6 November 2020 13:12 WIB
terasjakarta.id
Anggota DPRD Fraksi PDIP Rasyidi mendukung kebijakan Pemprov mengajukan sertifikasi lahan Monas. Langkah tersebut dianggap sebagai bagian penyelamatan aset.

"Saya rasa itu cukup bagus, sertifikasi lahan Monas penting dilakukan agar semua menjadi jelas. Sekarang Monas yang kelola Pemprov DKI sementara sesneg yang disebut menjadi pengendali," kata Rasyidi, di gedung DPRD DKI, Jumat (6/11/2020).

Menurut Rasyidi, tidak hanya Monas, lahan yang selama ini ada dibawah kendali Pemprov DKI harus diajukan sertifikasi kepemilikan. 

"Monas itu ada UPK dan ada penganggaran untuk Monas, sementara lahannya bukan milik Pemprov, kan jadinya Pemprov yang rugi," ujar Rasyidi. 

"Jangankan Monas, semua lahan di Jakarta ini milik Pemprov harus di sertifikasi, itu bagian dari menyelamatkan aset," imbuhnya. 

Untuk diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mulai mengajukan sertifikasi lahan Monumen Nasional (Monas) untuk kepemilikan lahan sebagai dasar hak yang baik dan benar. Mengingat saat ini, statusnya berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Di Jakarta ini kan ada aset-aset negara yang sebagian sertifikasinya dimiliki pemerintah pusat apakah melalui Kementerian Setneg apakah atau melalui kementerian lainnya dan juga ada aset aset pemerintah daerah yang dimiliki," kata Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (Ariza), di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Menurut Wagub Ariza, pada prinsipnya Pemprov DKI Jakarta tak ingin ada lagi aset-aset negara yang bermasalah di kemudian hari.

"Prinsipnya bagi kami Pemprov kami ingin seluruh aset-aset pemerintah itu memiliki atas hak yang baik, yang benar, dan semuanya mendapatkan sertifikasi yang baik. Ke depan tidak ada lagi tanah-tanah yang menjadi aset negara itu bermasalah di kemudian hari," jelasnya.

"Pemerintah akan mendorong seluruh asset-aset negara, aset Pemprov yang ada di Jakarta itu kita akan segera kita selesaikan sertifikasinya banyak sekali tanah-tanah aset negara yang sampai saat ini masih banyak yang belum disertifikasi," lanjutnya.


Dewan Dukung Pemprov DKI Lakukan Sertifikasi Lahan Monas

Loading...

Related Post