Begini Penjelasan Mahfud Soal Pemberian Bintang Mahaputera Kepada Gatot

Begini Penjelasan Mahfud Soal Pemberian Bintang Mahaputera Kepada Gatot
ist
Editor : Potan News — Rabu, 4 November 2020 14:57 WIB
terasjakarta.id
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Presiden Jokowi akan memberikan gelar kehormatan berupa Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Gatot Nurmantyo.
Gatot, kata Mahfud, akan menerima gelar tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 dan 11 November mendatang.

Selain Gatot yang kini menjadi salah satu petinggi dari organisasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu, gelar lain berupa Pahlawan Nasional juga akan diberikan Jokowi kepada beberapa pihak.

“Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional (PN) dan Bintang Mahaputera (BM). Yang dapat gelar PN, antara lain, SM Amin dan Soekanto, yang dapat BM, antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat,” kata Mahfud melalui akun twitter resminya @mohmahfudmd, Selasa (3/11/2020).

Dalam cuitan itu, Mahfud juga menjelaskan perihal gelar yang diberikan kepada Gatot ini. Kata dia, gelar diberikan kepada siapa saja yang pernah menjadi Panglima TNI serta pimpinan dari lembaga negara.

“Ya, semua mantan panglima dan semua mantan menteri serta Pimpinan Lembaga Negara yang selesai satu periode juga dapat BM. Itu harus diberikan tanpa pandang bulu,” kata Mahfud.

Gatot sendiri memang pernah menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan posisi Moeldoko. Gatot lengser mendekati masa pensiun dan digantikan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sejak lengser dari posisinya sebagai Panglima, Gatot kerap berseberangan pendapat dengan pemerintah.

Teranyar, dia membentuk organisasi KAMI bersama sejumlah tokoh seperti Din Syamsudiin yang kerap melontarkan kritik kepada pemerintahan Jokowi.



Mahfud Bintang Mahaputera Gatot

Loading...

Related Post