PN Bandung Jatuhkan Vonis 2 Tahun Penjara Kepada 3 Petinggi Sunda Empire

PN Bandung Jatuhkan Vonis 2 Tahun Penjara Kepada 3 Petinggi Sunda Empire
ist
Editor : Potan News — Selasa, 27 Oktober 2020 15:41 WIB
terasjakarta.id

Pengadilan Negeri (PN) Bandung menjatuhkan vonis masig-masing dua tahun penjara kepada tiga petinggi kekaisaran fiktif Sunda Empire.

Majelis Hakim yang diketuai T Benny Eko Supriyadi menyebut ketiga terdakwa yakni Nasri Banks, Raden Ratnaningrum, dan Ki Ageng Ranggasasana, dinyatakan bersalah sesuai Pasal 14 ayat (1) Undang Undang nomor 1 tahun 1947 karena kebohongan yang dia buat menimbulkan keonaran.

"Terdakwa dengan sengaja menimbulkan pertentangan di masyarakat Sunda, dan bakal menimbulkan konflik antara masyarakat yang pro dan yang kontra," ujar hakim ketua Benny, di PN Bandung, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

Hukuman Hakim ini, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta majelis hakim menjatuhkan vonis empat tahun penjara terhadap ketiganya. Pertimbangan yang memberatkan, perbuatan para terdakwa dinilai meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda.

Sementara yang meringankan, para terdakwa bersikap sopan selama persidangan, belum pernah dihukum, dan bermaksud baik untuk menciptakan perdamaian dunia. "Dan para terdakwa tidak memiliki motif ekonomi dalam perkara ini," tambah hakim.

Nasri Banks dan kawan-kawan menyatakan pikir-pikir atas vonis yang dibacakan hakim. Hal yang sama juga disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU). 

PN Bandung Vonis Penjara Sunda Empire

Loading...

Related Post