Ditjen Hubdar Sebut Lebih 600 Ribu Kendaraan Akan Keluar Jakarta Saat Libur Panjang

Ditjen Hubdar Sebut Lebih 600 Ribu Kendaraan Akan Keluar Jakarta Saat Libur Panjang
ilustrasi (ist)
Editor : Potan News — Sabtu, 24 Oktober 2020 13:17 WIB
terasjakarta.id

Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdar) memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada musim libur ke depan sebanyak 21,77 persen alias 622 ribu kendaraan. 

Dilaporkan pada Jumat (23/10/2020), presentasi naik 21 persen terhadap volume normal 2020 tersebut merupakan prediksi jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta pada libur Maulid Nabi Muhammada SAW dan cuti bersama pada 28 Oktober -1 November 2020.

Pemerintah juga memprediksi, distribusi mayoritas perjalanan bergerak ke arah timur sebanyak 48,17 persen. Sementara sebanyak 28,32 persen bergerak ke arah barar, dan sebanyak 23,51 persen bergerak ke arah selatan. 

Prediksi arus lalu lintas ini didapat dari realisasi volume lalu lintas pada musim libur sebelumnya yaitu Idul Adha 2020,17 Agustusan, dan Tahun Baru Islam 2020. 

Sementara itu, prediksi angkutan penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Ketapang -Gilimanuk, diprediksi juga akan mengalami peningkatan. Untuk penumpang orang, diprediksi akan naik hingga 6 persen. Sementara, volume kendaraan di dalam kapal akan naik hingga 4 persen. 

Selain itu, pemerintah juga mencatat prediksi pola pergerakan lalu lintas ke sejumlah tempat wisata.  Di Jawa Timur yaitu Jatim Park 1,2,3 , Museum Angkut, Kawah Ijen, dan Wisata Batu. Jawa Tengah ada Candi Borobudur, Guci Tegal, Pantai Karanganyae Kebumen, Baturaden Purwokerto, dan Wisata Dusun Semilir. 

Sementara Yogyakarta ada Pantai Parangtritis, Keraton, Candi Ratu Boko, dan Kaliurang. Jawa Barat ada Lembang, Puncak, Ciwidey, Pangandaran, dan Pelabuhan Ratu. Banten ada Tanjung Lesung, Carita Anyer, Anyer, dan Sawarna. 

Di Jabodetabek sendiri diprediksi ada pergerakan ke Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Taman Safari, dan Ragunan. Selain itu, diprediksi juga wisata ziarah ke makam Sunan Kudus, dan Sunan Kalijaga Demak.

Ditjen Hubdar Kendaraan Keluar Jakarta Libur Panjang

Loading...

Related Post