Dewan Sebut Rumah DP 0 Rupiah Belum Berhasil, Pemprov DKI Katakan Ramai Peminat

Dewan Sebut Rumah DP 0 Rupiah Belum Berhasil, Pemprov DKI Katakan Ramai Peminat
ist
Editor : Potan Biz Up — Senin, 19 Oktober 2020 11:59 WIB
terasjakarta.id

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, menyebut hingga 16 Oktober 2020 hunian rusunami DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, telah terjual 457 dari total 780 unit.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI, Sarjoko mengatakan hal itu sebagai bukti tingginya antusias warga untuk memiliki hunian dengan down payment (DP) Rp 0.

Sarjoko menjelaskan, untuk hunian Samawa di Bandar Kemayoran di Jakarta Utara, telah terjual 24 dari total 30 unit. Sedangkan untuk hunian Samawa di Tower Bunaker Sentraland Cengkareng di Jakarta Barat sudah terjual 17 dari total 64 unit.

"Dari sisi animo, jumlah pendaftar program DP nol sangat besar," kata Sarjoko dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).

Menurut Sarjoko, pihaknya tetap melakukan proses verifikasi secara teliti guna memastikan rumah DP Rp 0 bisa dinikmati warga yang memang membutuhkan hunian murah.

"Guna memastikan program ini tepat sasaran, perlu dilakukan seleksi administrasi dan kepemilikan aset serta kemampuan keuangan pemohon sehingga profil penerima manfaat sesuai dengan target sasaran," jelas Sarjoko.

Seperti diketahui, program rumah DP Rp 0 menjadi sorotan pada tiga tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter mengkritik pembangunan rumah DP Rp 0 belum menjangkau warga yang belum memiliki rumah.

Menurut Jupiter, rusunami DP Rp 0 yang dibangun di Cengkareng, Jakarta Barat, belum terisi sepenuhnya di tengah banyaknya warga yang membutuhkan rumah.

"Yang sudah dia bangun dan itu pun di Jakarta Barat masih kosong, ini ada apa. Terus Dinas Perumahan ini selaku yang menjalankan program ini kok kelihatannya santai-santai saja, ini sudah tiga tahun, tidak terasa," ujar Jupiter dikutip kompas.com, Jumat (16/10/2020).

"Jadi program DP Rp 0 ini menurut saya belum berhasil," sambung dia.

Rumah DP 0 Rupiah Belum Berhasil Pemprov DKI Ramai Peminat

Loading...

Related Post