Pemprov DKI Buka Lelang Jabatan Sekda, Munir: Sebaiknya Orang Betawi Tulen yang Dipilih

Pemprov DKI Buka Lelang Jabatan Sekda, Munir: Sebaiknya Orang Betawi Tulen yang Dipilih
ist
Editor : Potan News — Selasa, 6 Oktober 2020 13:51 WIB
terasjakarta.id


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lelang jabatan atau seleksi terbuka posisi Sekretaris Daerah (Sekda) yang kosong, pasca-meninggalnya Saefullah.

Seperti diketahui pasal 15 ayat (3) UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia menyatakan bahwa Sekda diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Gubernur.

Menanggapi pemilihan Sekda, masukan dari berbagai kalangan terus bermunculan. Banyak berharap agar Sekda yang terpilih berasal dari orang Betawi.

Salah satunya berharap tentang itu Ketua Umum FSRPM (Forum Silaturahmi Remaja dan Pemuda Masjid) Munir Arsyad. Bahkan ia meminta jelang pengusulan nama Sekda benar-benar Betawi tulen dan bukan sekedar mengaku Betawi.

"Tentang rencana mengisi jabatan sekda, kami memohon kepada Anies Baswedan untuk mencari pengganti almarhum Saefullah tetap dari orang Betawi tulen. Tapi jangan pula orang yang hanya mengaku Betawi doang," kata Munir, Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut Munir yang juga tokoh pemuda Betawi ini menambahkan, yang mampu dan cukup eselon menduduki jabatan Sekda. Serta mampu menyatukan antara Pemprov DKI dan masyarakat Jakarta. Yang penting harus murni orang Betawi dan tidak asal ngaku Betawi.

"Apalagi almarhum Saefullah juga sosok Betawi yang mampu menjembatani Pemprov DKI dengan warga Betawi yang jumlahnya sekitar 30 persen dari total jumlah penduduk yang ada di Ibukota," jelas Munir.

Soal siapa nama warga Betawi dari pejabat Pemprov DKI untuk diusulkan jadi Sekda, menurut Munir, itu terserah Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mengusulkan nama kepada Presiden Joko Widodo melalui Mendagri Tito Karnavian.

"Karena jabatan Sekda itu Eselon 1, maka yang memutuskan adalah Presiden Joko Widodo melalui Mendagri Tito Karnavian berdasarkan usulan nama dari Gubernur Anies. Kami berharap agar Sekda dari Betawi ini bisa terwujud," ujarnya.

Munir menceriterakan selama ini, jabatan Sekda yang diemban orang Betawi boleh dikatakan sangat mampu mengemban tugas itu. Sebut saja Muhayat, mantan Walikota Jakarta Pusat. Kemudian dilanjutkan dengan almarhum Saefullah yang juga dinilai mampu.

"Karena itu, kami meminta dan memohon kepada pak Anies agar mengusulkan orang Betawi jadi Sekda. Dan semoga kiranya pak Jokowi memutuskan dan mengangkat orang Betawi untuk jadi Sekda menggantikan almarhum Saefullah," imbuh Munir.



Lelang Jabatan Sekda Munir Betawi Tulen

Loading...

Related Post