Pemprov DKI Bolehkan Warga Terpapar Covid-19 Lakukan Isolasi Mandiri, ini Syaratnya

Pemprov DKI Bolehkan Warga Terpapar Covid-19 Lakukan Isolasi Mandiri, ini Syaratnya
Editor : Potan News — Jumat, 2 Oktober 2020 13:18 WIB
terasjakarta.id

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI masih membolehkan masyarakat menerapkan isolasi mandiri di rumah. Namun, dengan persyaratan yang ketat.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020 tentang Prosedur Pengelolaan Isolasi Terkendali dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Bagi keluarga yang terpapar virus Corona yang positif yang ringan dan OTG itu dimungkinkan dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan beberapa syarat,” kata Riza melalui rekaman suara yang diberikan Humas DKI, Kamis (1/9/2020).

Salah satunya, warga yang bisa menjalani isolasi mandiri adalah yang mempunyai rumah sendiri dengan kamar yang memenuhi syarat. Karena, menurut Ariza, ada standar kesehatan tempat yang dijadikan tempat isolasi.

Selain itu, nantinya juga bakal ada petugas yang akan mengawasi dan memantau baik dari internal warga atau keluarga hingga petugas kesehatan dari pemerintah.

“Bagi warga yang mohon maaf mungkin rumahnya sempit, kecil, padat tidak memungkinkan,” ujarnya.

Karenanya, sekalipun warga mengalami gejala ringan atau OTG tidak akan dibolehkan untuk isolasi mandiri di rumah jika dianggap tidak memungkinkan.

“Kami akan arahkan ke Wisma Mandiri di Kemayoran atau Wisma Atlet dan tempat-tempat yang sudah kami siapkan. Apakah di Taman Mini, di Ragunan mungkin di Jakarta Islamic Center. Kira-kira pandangannya sambil kita terus menyiapkan tempat-tempat sebanyak mungkin dan sebaik mungkin,” papar Ariza.

Prinsipnya, kata dia, pemerintah ingin semuanya mendapatkan pelayanan dan perawatan terbaik. Salah satu caranya melalui isolasi mandiri atau isolasi terkendali di Wisma Atlet dan tempat lain yang disiapkan pemerintah.

Namun, bagi warga yang OTG dan memiliki tempat sendiri yang memenuhi syarat seperti luas, bersih, dan standar sesuai isolasi mandiri bakal dimungkinkan.

“Tapi, sebaliknya bagi warga yang terpapar, bila tempatnya kecil, sempit, tidak memenuhi syarat, tentu kami minta dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran,” katanya.

Politisi Gerindra itu menuturkan semangat pemerintah menerapkan isolasi terkendali untuk mengurangi penularan virus di perumahan.

“Kami sedang terus menyiapkan dan berproses di tiga titik,” ujarnya.


Pemprov DKI Terpapar Covid-19 Isolasi Mandiri

Loading...

Related Post