300 Tahanan Polda Metro Jaya Dipindahkan ke Lapas Usai Jalani Tes Swab

300 Tahanan Polda Metro Jaya Dipindahkan ke Lapas Usai Jalani Tes Swab
ist
Editor : Potan News — Selasa, 29 September 2020 09:46 WIB
terasjakarta.id

Sebanyak 300 tahanan di Rutan Polda Metro Jaya dipastikan tidak ada yang terpapar Covid-19 setelah menjalani test swab. Tahanan itu merupakan tahanan titipan yang akan dilimpahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Test swab tersebut dilakukan Polda Metro Jaya bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Hukum dan HAM serta Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi, Senin (28/9/2020).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pemeriksaan kesehatan lewat test swab menjadi salah satu syarat sebelum dilimpahkan ke Lapas.

"Sesuai aturan pemasyarakatan saat ini, tiap tahanan yang akan masuk ke LP harus bebas dari Covid-19. Dari 300 tahanan yang ikut uji swab semua negatif," kata Yusri Yunus di Polda Metro, Senin (28/9/2020).

Dikatakan, test swab lebih akurat dibanding rapid test. Sehingga tahanan yang terjangkit korona bisa dideteksi. Pihaknya tidak ingin tahanan yang dipindahkan, dikembalikan ke Polda Metro Jaya akibat positif covid-19.

Yusri menjelaskan, para tahanan tersebut sudah tahap dua atau P21 kemudian juga dalam kondisi sidang dan pada tanggal 1 Oktober 2020 akan dipindahkan ke Lapas. Penempatan tahanan ini nantinya tergantung dari Ditjen Pemasyarakatan.

"Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan tanggal 1 oktober ke Lembaga Pemasyarakatan," pungkasnya.

Ke 300 tahanan itu merupakan tahanan Kejari Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Kemuduan  tahanan Direktorat Tahanan dan Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya dan polres jajaran Polda Metro Jaya.

300 Tahanan Polda Metro Jaya Lapas Tes Swab

Loading...

Related Post