Arab Saudi Izinkan 10.000 Warga Melaksanakan Ibadah Haji Tahun ini

Arab Saudi Izinkan 10.000 Warga Melaksanakan Ibadah Haji Tahun ini
ist
Editor : Potan News — Senin, 6 Juli 2020 10:57 WIB
terasjakarta.id


Arab Saudi hanya akan mengizinkan sepuluh ribu penduduknya, baik warga Saudi atau asing, untuk berhaji tahun ini.

"Menurut Menteri Haji Saudi, ibadah haji tahun ini cuma akan diikuti sepuluh ribu jamaah," kata Konsul Haji di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah Endang Jumali  dikutip Albalad.co Minggu (5/7).

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi kemarin malam (dini hari ini waktu Jakarta) mengumumkan akan tetap melaksanakan ibadah haji. Namun ritual rukun Islam kelima itu hanya buat penduduknya, baik warga Saudi ata non-Saudi, dalam jumlah sangat terbatas.

Kebijakan itu diambil lantaran pandemi virus corona Covid-19 di seluruh dunia belum berakhir. Hingga hari ini, terdapat 164.444 penderita Covid-19 di Arab Saudi, termasuk 1.346 orang meninggal.

Menurut Endang, jamaah haji juga boleh berziarah ke makam Nabi Muhammad di Masjid Nabawi, Madinah. Dia mengaku belum mengetahui dari sepuluh ribu orang diizinkan buat berhaji, berapa alokasi buat warga Saudi dan non-Saudi. "Kami belum menerima petunjuk teknisnya," ujarnya.

Ibadah haji saban tahun biasanya dibanjiri sekitar 2,5 juta jamaah dari 180-an negara. Namun lantaran pandemi Covid-19, pelaksanaan ritual ini menjadi tidak pasti sampai pemerintah Saudi kemarin malam mengumumkan haji jadi dilaksanakan.

Pengumuman itu keluar sehari setelah Saudi enetapkan masa kelaziman baru, yakni kegiatan masyarakat kembali bergulir dan mobilitas orang berjalan lagi tapi dengan mematuhi protokol kesehatan untuk Covid-19: memakai masker, menjaga jarak, dan tidak boleh berkumpul lebih dari 50 orang.

Arab Saudi Izinkan 10.000 Warga Melaksanakan Ibadah Haji

Loading...

Related Post