Tokopedia Diretas, Kemenkominfo Janji Segera Beri Tindak Lanjut

Tokopedia Diretas, Kemenkominfo Janji Segera Beri Tindak Lanjut
Editor : Admin News — Selasa, 5 Mei 2020 05:19 WIB
terasjakarta.id

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate telah menggelar pertemuan virtual dengan pihak Tokopedia. Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tersebut, dibahas mengenai kasus peretasan data di platform Tokopedia.

Johnny menyebut pemerintah memastikan agar ekonomi digital khususnya e-commerce agar tetap berjalan dengan baik dan lancar tanpa diganggu oleh peretas data. “Kami memastikan peretasan akan ditindaklanjuti. Kami tidak ingin kasus peretasan data ini mengganggu ekonomi digital di Indonesia,” ucap Johnny.

Johnny dalam kesempatan tersebut juga menyebut kalau peretasan terjadi tak hanya di Indonesia saja. “Peretasan data di digital, akun-akun aplikasi, atau platform sebagaimana Tokopedia sebelumnya sudah terjadi baik di dalam negeri terkait unicorn-unicorn lain maupun di luar negeri,” kata Johnny,

Selanjutnya, Johnny menyebutkan kalau BSSN, Tokopedia dan Kemenkominfo akan secara serius akan melakukan evaluasi, penyedlidikan, mitigasi teknis dan update perkembangan mengenai situasi pascaperetasan.

“Kemenkominfo bersama BSSN akan selalu bekerja sama dengan seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan E-Commerce, sehingga dari waktu ke waktu terus meningkatkan security system untuk menjaga dan melindungi data pribadi atau data-data milik pemilik akun di dalam e-commerce,” tutur Johnny.

Dari hasil pertemuan tersebut, disebut Johnny kalau Tokopedia menyamapaikan data keuangan dan akun pelanggan aman.

“Tadi disampaikan (pihak Tokopedia) bahwa security system belum bisa diterobos, walaupun sebagian data terkait dengan nama, nomor telepon, dan email sebagiannya bisa saja dimasuki oleh peretas. Tapi data keuangannya dan akun pelanggan tetap terjaga dengan aman,” tandas politisi Partai Nasdem itu.



tokopedia diretas hacker

Loading...

Related Post