Refleksi Akhir Tahun Gerindra DKI, Taufik: Permintaan Rusunami Harus Dipenuhi

Refleksi Akhir Tahun Gerindra DKI, Taufik: Permintaan Rusunami Harus Dipenuhi
Editor : Potan News — Senin, 30 Desember 2019 12:37 WIB
terasjakarta.id

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta menggelar repleksi akhir tahun. Gerindra DKI mencatat ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan gubernur terutama disampaikan saat kampanye. 

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan,  seperti program penyediaan Rumah Susun Milik (Rusunami) DP 0 rupiah yang menjadi janji kampanye Gubernur DKI Anies Baswedan masih jauh dari target. Selain itu kata Taufik adalah pembagian kartu lanjut usia (lansia) di mana para lansia rentan miskin mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan juga belum sesuai harapan.


"Penyediaan rumah susun milik (Rusunami) DP 0 Rupiah bagi warga Jakarta berpenghasilan rendah masih jauh dari target RPJMD DKI Jakarta. Dua hal ini menjadi perhatian Partai Gerindra DKI," ujar M Taufik saat menyampaikan evaluasi kinerja Gubernur Anies diakhir 2019 di kediamannya di Jalan SD Lama, Pondok Rangon, Jakarta Timur, Minggu (29/12/2019).


Lebih lanjut Taufik mengatakan, kendala penyediaan Rusunami DP O Rupiah itu antara lain karena banyak sekali masyarakat peminat rusunami tetapi di antara mereka hanya sedikit yang memenuhi syarat kredit melalui Bank DKI.

"Kita minta agar Bank DKI mempermudah persyaratan kredit kepemilikan Rusunami DP 0 Rupiah. Salah satunya yakni Bank DKI kita minta mengajukan surat kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dipermudah syarat kredit Rusunami. Sebab,60 persen warga Jakarta belum punya rumah, masih sewa dan kontrak," kata Taufik.

Salah satu faktor warga Jakarta tidak lolos persyaratan yakni kebanyakan masyarajat Ibu Kota 1/3 penghasialnya sudah dipotong memiliki untuk kredit sepeda motor dan mobil.

Taufik yang didampingi Sekretaris Komisi D DPRD DKI Syarif dan Ketua Komisi E DPRD DKI Iman Satria menyarankan agar Pemprov DKI bekerja sama dengan swasta dalam mempercepat pembanguna Rusunami DP 0 Rupiah di lima wilayah DKI.

"Kami menyarankan agar dalam membangun Rusunami DP 0 Persen itu bisa bekerjasama dengan swasta. Skema pembiayaannya bisa dibahas secara detail oleh Dinas Kawasan Perumahan dan Permukiman DKI," kata Wakil Ketua DPRD DKI ini  menambahkan.

Terkait pemberian kartu lansia dan bantuan uang tunai bagi mereka yang kurang mampu. Hendaknya dipercepat pendataannya.

"Kami menyampaikan kritik yang berdasarkan fakta pencapaian dalam setahun ini. Kalau program unggulan yang sudah dicapai ya kami kataka sudah tercapai sesuai RPJMD yang belum tercapai sesuai target yang kita kritisi agar Gubernur Anies dan para pejabat SKPD dan BUMD nya bekerja lebih keras lagi," pungkas Taufik.




Refleksi Akhir Tahun Gerindra DKI Mohamad Taufik Permintaan Rusunami Harus Dipenuhi

Loading...

Related Post