'Mangku Purel' Ipunk Rimbaraya Karya Nur Bayan, Versi Cover Viral di You Tube

Selasa, 15 November 2022 10:20 WIB

Share

Terasjakarta.poskota.co.id - Seniman musik Nur Bayan saat ini karya lagunya bertajuk Mangku Purel versi covernya viral di You Tube Musik, padahal versi orisinilnya dinyanyikan oleh Ipunk Rimbaraya. Ini sebuah kejutan besar yang terjadi di industri musik tanah air, terutama di genre musik pop dhut Jawa. Ini belum pernah terjadi karena versi covernya menduduki di beberapa ranking chart You Tube musik. Hal ini disampaikan Nur Bayan ketika ditemui di Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta, Selasa (15/11/22). 

"Single Mangku Purel yang aku ciptakan ini sebenarnya versi aslinya atau orisinilnya dinyanyikan oleh Ipunk Rimbaraya seniman musik asal Kediri yang sudah 12 tahun bermukim di Belanda. Video klipnya aku upload di channel You Tube akun Nur Bayan Real Official", jelas pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu Oplosan dan Pokoke Joged itu.

Menurutnya, Mangku Purel itu artinya pemandu lagu di tempat hiburan karaoke atau kalau bahasa yang lagi trend di Jawa, Purel itu singkatan dari Publik Relations. Lagu ini bercerita tentang keresahan yang terjadi di masyarakat sekarang ini. Lagu ini mencoba memberikan edukasi, petuah ringan dalam konsep musik dan lirik yang berkomedi. Agar tak bersinggungan dengan pihak manapun maka dikemas ala komedi.

 

 

Saat ini Video klip single Mangku Purel yang viral atau menduduki ranking chart di You Tube musik, selain dibawain oleh penyanyi versi aslinya Ipunk Rimbaraya, ada: Pakdhe Kabul, Mukidi dan orkes Adella di posisi 1, kemudian ada Lala Widy di posisi 7 dan Fida AP X James AP di posisi 15.

"Posisi ranking chart You Tube musik ini setiap hari ada perubahan, ini update sekarang. Aku bangga, karya lagu ciptaan aku ini bisa berada di posisi puncak atau juara, bersaing dan menggeser lagu-lagu Korea yang selama juara di You Tube musik. Aku yakin versi cover-cover lagu Mangku Purel ini terus bermunculan dan single ala komedi bahasa Jawa ini akan jadi trendsetter," tutur hits maker dan ayah dari tiga anak ini. 

Single Mangku Purel adalah karya lagu ciptaan Nur Bayan yang ke - 227 sejak ia mulai menciptakan lagu di tahun 2000, saat itu ia duduk di bangku sekolahan SMA. Karir dan kiprahnya di dunia musik ia tekuni dan jalani. Banyak berbagai penghargaan awards musik bergengsi di tanah air diraihnya. Ia juga hits maker yang multi genre musik. Banyak lagunya yang ia ciptakan dan sukses dinyanyikan oleh penyanyi terkenal, diantaranya Denny Caknan lagu Widodari, Lesti lagu Kejora, Soimah lagu Lukisan Kisah, Fildan lagu Cahaya, dan Tasya Rosmala lagu Sinar.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar