Strakom Indonesia: Jokowi Pilih Prabowo sebagai Suksesor Presiden 2024

Rabu, 9 November 2022 04:05 WIB

Share
Direktur Eksekutif Strakom Indonesia, Sutaman. (ist)
Direktur Eksekutif Strakom Indonesia, Sutaman. (ist)

Terasjakarta.poskota.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyalemen kuat bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menggantikan dirinya sebagai Presiden Indonesia pada 2024 mendatang. 

Sinyalemen itu, dilontarkan oleh Presiden Jokowi ketika memberikan pidato pembukaan di acara hari ulang tahun (HUT) ke-8 Partai Perindo pada Senin (7/11/2022). Dihadapan para petinggi partai politik yang hadir dalam kegiatan di atas. 

"Presiden Jokowi memberikan sinyelemen yang kuat kepada Prabowo Subianto yang hadir dalam acara tersebut," kata Direktur Eksekutif Strakom Indonesia Sutaman di Jakarta pada Selasa (8/11/2022). 

Dalam kegiatan itu, secara jelas Presiden Jokowi menyebutkan setelah dirinya tidak menjabat sebagai Presiden. Prabowo Subianto berpeluang besar terpilih menjadi Presiden Indonesia pada pemilihan presiden (Pilpres) pada 2024. 

Dianalisis dari sikap Presiden Jokowi ketika memberikan sinyelemen dalam kegiatan tersebut, dapat diartikan bahwa Presiden Jokowi sudah menjatuhkan pilihannya kepada sosok Prabowo Subianto. Karena, Prabowo dinilai memiliki rekam jejak yang baik ketika menjadi bagian dalam pemerintahan Jokowi. 

"Prabowo keliatan sudah dipilih oleh Jokowi menjadi suksesor untuk mengambil tampuk jabatan Presiden pada 2024," ujar Sutaman. 

Gaya komunikasi Presiden dalam menunjukkan sinyalemen itu pun sangat menarik perhatian. Dengan gesture tubuh yang santai, Presiden mengucapkan dukungannya terhadap Prabowo Subianto sebagai Presiden, pada saat dirinya mengakhiri pidato. 

"Pada akhir pidato, Presiden Jokowi memberikan pernyataan Prabowo Subianto berpeluang menjadi Presiden selanjutnya," kata Sutaman. 

Sutaman menjelaskan, sikap Presiden Jokowi yang secara terang benderang menunjukkan dukungannya terhadap Prabowo Subianto pertama kali dilakukan ketika menghadiri pameran Indo Defence 2022 pada Selasa (2/11/2022). 

Pada pameran Indo Defence, Jokowi mengatakan sudah mendukung sosok Prabowo Subianto semenjak lama. Dukungan itu, diberikan karena keduanya kerap kali berdiskusi berkaitan dengan tantangan pemerintah Indonesia di masa depan. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar