Survei Indomatrik soal Pj Gubernur DKI: Heru Paling Disukai Warga Jakarta

Rabu, 5 Oktober 2022 22:42 WIB

Share
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. (ist)
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. (ist)

Terasjakarta.poskota.co.id - Nama Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono nangkring di urutan pertama dibanding dua calon lain yakni Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali dan Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar yang paling disukai warga untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta . 

Hal ini berdasarkan hasil survei terbaru, Indomatrik yang dirilis pada hari ini, di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Direktur Eksekutif Indomatrik Husin Yazid mengatakan, Heru merupakan calon Pj Gubernur DKI yang paling disukai masyarakat dengan tingkat popularitas mencapai 35,5 persen.

"Pada urutan kedua, Marullah Matali mendapat apresiasi sebesar 33,2 persen. Pada urutan ketiga, sosok Bahtiar mendapat apresiasi dari masyarakat Jakarta sekitar 31,3 persen," ujar Husin kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Dalam survei yang sama, Indomatrik juga mengajukan pertanyaan kepada responden soal penilaian umum Pj Gubernur DKI Jakarta.
Hasilnya, 23 persen responden menilai Pj Gubernur merupakan sosok yang berpengalaman memimpin birokrat dan 23 persen lainnya menilai Pj Gubernur harus punya kompetesi dalam memimpin dengan komposisi.

Lalu, 20 persen responden menilai Pj Gubernur DKI harus sosok yang berintegritas tinggi, 17 persen memandang harus mampu bekerja sama dengan bawahannya, dan 17 persen lainnya menilai Pj Gubernur adalah sosok yang memiliki modal pendidikan tinggi.

Pertanyaan lainnya, responden ditanya mengenai keinginan mereka dalam enam variabel terhadap kerja Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan menjabat selama 2 tahun tersebut.
20,5 persen responden juga harus menilai Pj Gubernur harus berani dan tegas dalam mengambil keputusan dalam upaya menjalankan pembangunan di berbagai sendi kehidupan.

"Selanjutnya, mampu memimpin untuk memecahkan masalah yang dihadapi kota dan warga Jakarta 18,4 persen, memiliki visi visioner dalam strategi yang tepat sasaran dalam upaya membangun Jakarta 16,3 persen," urai Husin.

"Figur pembaharuan yang mampu membawa Jakarta yang lebih berdaya guna bagi masyarakatnya dalam pergaulan kehidupan antar negara 15,5 persen, memiliki integritas tinggi sebesar 14,8 persen, dan perhatian pada rakyat 14,5 persen," tambah Husin.

Survei ini digelar lewat wawancara tatap muka pada 21 sampai 24 September 2022, diikuti 440 responden yang merupakan warga Jakarta dari 88 kelurahan di 44 kecamatan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar