Survei Indomatrik: Heru Budi Duduki Peringkat Pertama Kesukaan Publik Sebagai Pj Gubernur

Rabu, 5 Oktober 2022 16:12 WIB

Share

Terasjakarta.poskota.co.id - Lembaga survei Indomatrik merilis hasil survei “Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Tingkat Harapan dan Kesukaan Pada Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta 2022 - 2024”. 

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indomatrik Husin Yazid mengatakan, tiga calon Pj Gubernur DKI Jakarta punya peluang sama besar. 

Sebelumnya, DPRD Jakarta sudah mengajukan tiga nama ke Mendagri untuk dipilih dan diteruskan kepada Presiden Jokowi untuk memutuskan siapa yang terpilih sebagai Pj Gubernur periode dia tahun ke depan. 

Mereka yang telah lolos melalui mekanisme pengusulan, pemilihan dan penetapan oleh wakil rakyat yang duduk di DPRD DKI Jakarta (Heru Budi Hartono, Marullah Matali dan Bahtiar). 

Menurut Husin Yazid, tiga tokoh tersebut sama-aama memiliki kapasitas yang baik. Dari hasil survei kata Husin, ketiga sosok tersebut merupakan, sosok berpengalaman 23%, sosok punya kompetensi dalam memimpin 23,%, sosok ysng berintegritas tinggi 20%, sosok mampu bekerjasama dengan bawahannya 17%, dan sosok memiliki modal pendidikan tinggi 17%.

"Survei Indomatrik ini memasukkan 3 (tiga) nama para bakal calon penjabat Gubernur DKI periode 2022/2024, yakni mereka yang telah lolos melalui mekanisme pengusulan, pemilihan dan penetapan oleh wakil rakyat yang duduk di DPRD DKI Jakarta," kata Husin di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022). 

Sedangkan survei Indomatrik merekam gambarkan kesukaan masyarakat, menurut Husin, potret tingkat kesukaan publik Jakarta terhadap tiga sosok untuk menjalankan adminitrasi roda pemerintahan dalam upaya menjalankan pembangunan dua tahun kedepan Heru Budi Hartono menduduki urutan pertama. 

"Heru Budi Hartono yang saat ini menduduki Kepala Sekretariat Presiden RI sejak 2017, ternyata mendapat apresiasi dari masyarakat sebesar 35,5%. Pada urutan kedua, H.Marullah Matali, Lc., M.Ag. merupakan seorang birokrat berpengalaman yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta. Di mata masyarakat jakarta sangat di kenal dan mendapat apresiasi sebesar 33,2%," ujar Husin. 

"Selanjutnya di urutan ketiga, sosok Bahtiar, seorang birokrat pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri RI) yang syarat dengan pengalaman. Alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, mendapatkan apresiasi dari masyarakat Jaakarta sekitar 31,3%," sambungnya. 

Sementara itu, pengamat kebijakan publik Amir Hamzah menilai, tiga sosok yang di survei Indometrik langkah yang tepat. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar