Anthem Sepak Bola Peluang Musisi Daerah

Rabu, 5 Oktober 2022 17:34 WIB

Share
CEO NAGASWARA, Rahayu Kertawiguna.
CEO NAGASWARA, Rahayu Kertawiguna.

Terasjakarta.poskota.co.id -

Oleh : Rahayu Kertawiguna /CEO NAGASWARA

Kolaborasi antar musik dengan sepak bola pertama kali terjadi lewat penyelenggaraan World Cup 1962 di Chili. Saat itu, lagu "El Rock de Mundial" berlirik bahasa Spanyol yang dinyanyikan Los Rambles, mendapat sambutan luar biasa dari publik dunia. 

Boleh jadi saat itu juga musik dan sepakbola bersanding menjadi sebuah peradaban. Tak dapat dipungkiri, perjalanan waktu lebih dari setengah abad hingga saat ini, telah menjadikan musik dan sepak bola sebagai identitas kemajuan sebuah negara. 

Saya sangat mengikuti perkembangan dua bidang industri besar ini, dimana musik dan sepak bola adalah bagian yang tak terpisahkan. Anthem (lagu official) dijadikan penyemangat pemain tim sepak bola dan para suporter  bola sudah menjadi trend.

Perkembangan klub-klub sepak bola di Indonesia, tentu menjadi peluang bagi para musisi daerah yang ingin mengawinkan karya lagu mereka sebagai official song atau semacam anthem bagi salah satu klub di daerahnya.

Saya percaya, ada peluang di segmen atau market ini, sehingga para musisi daerah dapat berkolaborasi dengan klub-klub sepak bola di daerahnya. Saat ini, komunitas olah raga massa besar ini punya bisnis yang bisa dikelola secara kreatif entertainment.

Kini masyarakat dunia termasuk Indonesia menjadikan sepak bola bagian dari hiburan. Seperti industri musik, sepak bola juga punya banyak penggemar fanatik dan memiliki banyak cerita di dalamnya.

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar