Alami Kulit Kusam? Ini Dia Cara Mengatasinya

Kamis, 11 Agustus 2022 17:01 WIB

Share
 

Kulit kusam dan belang seringkali bikin kita jadi nggak tampil percaya diri. Namun, Teman Senka bisa mengatasi permasalahan tersebut, kok! Mulai dari cukup penuhi asupan nutrisi dan mengikuti cara mencerahkan wajah yang telah Senka tulis di bawah ini. Agar kulit wajahmu nggak hanya cerah berseri, tapi juga lembap dan kenyal. Yuk, ikuti caranya sampai habis!

1. Kendalikan Stres

Stres tak hanya memicu timbulnya jerawat saja, namun ternyata dapat membuat kulit wajahmu tampak lelah dan kusam, lho. Ada baiknya, Teman Senka menyadari masalah yang mengganggu dan mencoba menenangkan diri, supaya wajah terlihat cerah dan sehat. 

Nah, supaya stres mampu dikelola dengan baik, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, meditasi, melakukan hobi yang kamu sukai di waktu senggang, atau sekedar jalan-jalan ke luar menghirup udara bebas. Kalau kamu happy, pastinya kulitmu terlihat cerah berseri.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Impian memiliki kulit cerah dan bersinar memang butuh kedisiplinan dalam merawat kulit. Tak hanya sekedar memakai skincare saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi, terutama yang mengandung Vitamin C demi kesehatan kulit.

Cara mencerahkan wajah termudah yang bisa kamu terapkan di rumah adalah rutin mengonsumsi buah kaya Vitamin C. Misalnya, jeruk, jambu biji, kiwi, dan stroberi. Asupan Vitamin C yang cukup mampu merangsang pembentukan kolagen sehingga wajah terlihat cerah, bersinar, dan elastisitasnya pun terjaga. 

3. Konsumsi Air yang Cukup

Kebutuhan cairan setiap orang tidak bisa disamakan, ada beragam faktor yang menentukan batas asupan cairan tubuh, seperti usia, berat badan, jenis kelamin, suhu tubuh, hingga lingkungan sekitar.

Namun, kita tetap dianjurkan untuk mengonsumsi air 8 gelas sehari atau total 2 liter. Hal ini karena, asupan cairan tersebut mampu membuat sel kulit dapat bekerja dengan baik, sehingga racun dapat dikeluarkan dengan mudah dan aliran darah berjalan lancar. Dengan begitu, kulit wajah cerah dan glowing maksimal bisa kamu dapatkan.

4. Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Tahukah kamu bahwa lidah buaya juga dapat mencerahkan wajah yang kusam? Hal ini karena kandungan aloesin pada lidah buaya mampu mencegah pembentukan melanin, sehingga produksi pigmen sel kulit dapat terkontrol.

Nah, kamu bisa lho mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai cara mencerahkan wajah di rumah. Cukup oles gelnya selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Membersihkan Wajah secara Rutin

Kebiasaan ini sering kali lupa dilakukan. Padahal, membersihkan dua kali sehari (di pagi dan malam sebelum tidur) merupakan cara mencerahkan wajah termudah yang bisa Teman Senka praktekkan di rumah, lho! Kotoran yang menempel di pori-pori kulit membuat tampilan wajah terlihat kusam dan belang, sehingga perlu dibersihkan agar terbebas dari kotoran dan tampak cerah berseri kembali. 

Halaman
Reporter: Melati
Editor: Melati
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar