Gilbert Simanjuntak: Penjenamaan Rumah Sakit Menjadi Rumah Sehat Sesuatu yang Rancu

Senin, 8 Agustus 2022 14:51 WIB

Share
Gilbert Simanjuntak (ist)
Gilbert Simanjuntak (ist)

Terasjakarta.poskota.co.id - Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Smanjutak menilai, penjenamaan rumah sakit menjadi rumah sehat sesuatu hal yang rancu. 

“Rumah sehat adalah rumah tinggal yang menurut Ilmu Kesehatan Lingkungan mempunyai persyaratan dari segi ventilasi, pencahayaan, kepadatan hunian, pengelolaan limbah, sumber air, penyimpanan makanan dan kriteria lainnya,” kata Gilbert saat ditemui diruang kerjanya, gedung DPRD, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

"Jadi saya rasa perubahan nama itu sesuatu yang rancu. Sebab, orang yang dirawat di RS mereka-mereka yang sakit," sambungnya.

Ia menggap ada kekeliruan yang dilakukan Kemenkes yang memberikan izin perubahan nama itu. Padahal sesuai Kemenkes, istilah rumah sehat itu digunakan untuk rumah tinggal yang sehat. Karena itu, istilah rumah sehat tidak mungkin digunakan untuk rumah sakit.

“Pada saat Gubernur DKI dua bulan menjelang habis jabatannya memberi penjenamaan rumah sehat, dan sebelumnya Menteri Kesehatan menyetujuinya, jelas baik Gubernur DKI mau pun Menteri Kesehatan kurang memahami konsep Ilmu Kesehatan Lingkungan juga aturan Kemenkes mengenai kriteria rumah sehat,” jelas Gilbert.

Lebih lanjut, Mantan Wakil Rektor Akademik Universitas Kristen Indonesia (UKI) menjelaskan, upaya promotif dan preventif yang digembar-gemborkan Anies guna menurunkan angka kematian dan mengurangi biaya layanan kuratif itu kontradiktif dengan realita. 

"Preventif berupa BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di DKI kalah dengan provinsi di Jawa," sindirnya. 

Gilbert yang saat ini duduk di Komisi B DPRD ini menjelaskan, "Masalahnya tidak ada satu pun konsep ilmu kesehatan masyarakat dalam bidang promosi kesehatan yang menyebutkan perubahan nama akan merubah pola pikir seperti mengganti nama seseorang untuk memperbaiki rezekinya,” jelas Gilbert.

"Semua konsep promosi kesehatan adalah penyuluhan untuk berbagi topik seperti Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) serta mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur," pungkasnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta dan Pencanangan Bulan Imunisasi, Rabu (3/8/2022).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar