Minum Kopi Lebih dari Dua Gelas Perhari Ternyata Beresiko, ini Penjelasannya

Selasa, 19 Juli 2022 12:20 WIB

Share
Ilustrasi kopi. (ist)
Ilustrasi kopi. (ist)

Terasjakarta.id - Minum kopi telah menjadi kebiasaan banyak orang, selain memiliki cita rasa yang khas, kopi juga bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain menjaga kesehatan jantung, mempertahankan berat badan ideal, mengurangi risiko diabetes, dan lain sebagainya. Tapi, bukan berarti semua orang harus minum kopi loh.

Spesialis Gizi Klinik dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp GK mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan genetik, orang juga bisa mengenali risiko penyakit yang ada pada tubuh mereka. Misal, ada mereka yang harus berhati-hati dengan kafein.

“Contoh kopi (kafein). Kafein disebutkan bisa menurunkan resiko sakit jantung. Oke, 50 persen dapat keuntungan dari kafein, tapi 50 persen lainnya dapat penyakit dari kafein. Jadi bedanya ada pada kondisi genetik tubuh, ada yang berisiko, ada juga yang tidak (berisiko)," kata dr. Cindy seperti dilansir dari Antara.

Namun demikian kata Dr. Cindy, minum kopi terlalu sering juga berdampak  negatif yang pertama adalah menimbulkan kecemasan. Kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan. Terdapat zat yang berkaitan dengan peningkatan energi pada kopi. Dampak negatif jika Anda terlalu sering minum kopi yang kedua adalah insomnia.

Konsumsi kopi setiap hari juga bisa mengakibatkan berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut, mual, muntah, dan nyeri ulu hati. Jika dikonsumsi setiap hari atau berlebihan, kopi bisa menyebabkan Anda mengalami diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung (GERD).

Dr. Cindy melanjutkan, jika mereka mengkonsumsi kopi lebih dari dua gelas per hari, risiko terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit gagal ginjal dan penyakit hipertensi akan naik.

“Risiko penyakit itu ditentukan oleh diri kita sendiri. Mau cepat dirawat agar tidak semakin parah atau mau ditunda, semua tergantung kita," tutup dr. Cindy.

Editor: Potan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar