Taiwan Nekat Deklarasi Merdeka, China Siap Perang

Jumat, 17 Juni 2022 13:13 WIB

Share
Taiwan Nekat Deklarasi Merdeka, China Siap Perang
Ilustrasi kota Taipei, Taiwan (dok. Trancia)

Terasjakarta.id - Menteri Pertahanan (Menhan) China, Wei Fenghe menyebut, tidak akan ragu untuk memulai perang jika Taiwan berani mendeklarasikan kemerdekaan.

Pernyataan Fenghe tersebut sebagai peringatan kepada Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Fenghe mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di sela-sela KTT keamanan Dialog Shangri-La di Singapura.

Ketegangan AS-China telah meningkat di Taiwan yang demokratis dan memiliki pemerintahan sendiri, yang hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China. Beijing memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu.

Juru bicara kementerian pertahanan Wu Qian mengutip pernyataan menteri dalam pertemuan tersebut, Wei memperingatkan Austin bahwa "jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China, tentara China pasti tidak akan ragu untuk memulai perang berapa pun biayanya,".

Menurut kementerian pertahanan China, Menteri Wei bersumpah bahwa Beijing akan "menghancurkan hingga berkeping-keping setiap plot 'kemerdekaan Taiwan' dan dengan tegas menjunjung tinggi penyatuan tanah air," kata Wu Qian.

"Kementerian menegaskan Wei menekankan bahwa Taiwan adalah Taiwan China, sehingga menggunakan Taiwan untuk menahan China tidak akan pernah berhasil," tutupnya.

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar