Ini Panduan Porsi Makan Terbaru untuk Hindari Makan Berlebih

Kamis, 17 Januari 2019 06:37 WIB

Share
Ini Panduan Porsi Makan Terbaru untuk Hindari Makan Berlebih
terasjakarta.id


Agak sulit menentukan porsi makan terbaik. Menimbang kandungan ini dan itu di dalamnya terkadang membuat banyak dari kita salah mengambil porsi makanan.

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab panduan porsi makan teranyar baru saja dirilis. Panduan dibuat untuk membantu orang makan dalam jumlah tepat untuk setiap kelompok makanan dan menghindari makan berlebih.

Panduan ukuran porsi makan baru ini dikeluarkan oleh Birtish Nutrition Foundation (BNF), lembaga amal yang bergerak dalam bidang nutrisi di Inggris. Panduan makan ini diberi nama Find Your Balance.

Pedoman porsi makan seimbang ini menggunakan aturan 2 ribu kalori per hari. Satu porsi makanan menggunakan aturan sama dengan satu genggaman tangan agar semakin mudah untuk diikuti. 

"Pedoman ini memberikan beberapa panduan praktis tentang porsi makanan. Orang tidak perlu harus menimbang makanan mereka terlebih dahulu. Kami melihat seberapa sering Anda makan dan juga kelompok makanan, sehingga Anda mendapatkan keseimbangan yang tepat," kata Manajer Komunikasi BNF Bridget Benelam.

Benelam menjelaskan, pedoman porsi makan baru ini dihitung dengan melihat pedoman dari negara lain seperti Amerika Serikat dan Kanada serta menggunakan survei konsumsi sehingga ukuran porsi dapat akurat dan realistis.

Meski panduan ini dirancang menggunakan kelompok makanan yang umum di Inggris, Benelam menyebut panduan ini tetap bisa dan relevan diterapkan di negara lain.

Berikut merupakan panduan porsi makan baru Find Your Balance setiap harinya:

1. Tiga hingga empat porsi karbohidrat bertepung, seperti pasta.

2. Dua hingga tiga porsi makanan berprotein, seperti ayam bakar.

3. Dua hingga tiga porsi makanan olahan susu, seperti keju.

4. Setidaknya lima porsi buah dan sayuran.

5. Sejumlah kecil minyak dan lemak tak jenuh.

Editor: Kashmirx
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar